SEDANG MEMUAT KONTEN HALAMAN
SILAKAN TUNGGU

Toire no Hanako-san, Hantu Wanita dari Toilet


Toire no Hanako-san, Hantu Wanita dari Toilet

Masih di R-Library Horror from Japan.. Naaah,, Kali ini Saya akan membahas tentang Toire no Hanako-san (トイレの花子さん) A.K.a. Hanako dari Toilet, Hantu gadis muda yang muncul di Toilet sekolah. Saking terkenalnya misteri ini sampai difilmkan dan dibukukan di Serial Anime Gakkou no Kaidan (A.K.a. Ghost at School), Haaaah,, Anime yang seru.. Eitss, sampe mana tadi? Oh iya.. Hanako-san adalah legenda urban yang terkenal dan tersebar secara luas sehingga memiliki beragam versi. Pemanggilan Hantu ini mirip dengan Hantu Bloody Mary (Akan kita bahas setelah ini) dan seringkali dilakukan oleh anak-anak di sekolah Jepang sebagai ritual pembuktian keberanian, atau sebagai metode perpeloncoan murid baru, Jangan di Contoh ya!! >:(

Hanako-san dipanggil dengan mengetuk pintu bilik ketiga kamar mandi perempuan di lantai tiga sebanyak tiga kali sambil bertanya "Apakah kamu di sini, Hanako-san", dan suara misterius akan menjawab "Aku di sini". Di dalam bilik akan hadir sesosok gadis dengan rok merah. Kadangkala ia tampak dengan pakaian putih.

'Hanako' merupakan nama perempuan yang umum di Jepang pada tahun 1950-an, ketika legenda tersebut [diyakini] dimulai pada saat itu.

Hanako sebenarnya merupakan nama yang cukup old-fashioned (cukup kuno untuk zaman sekarang) untuk nama seorang perempuan jepang dan pernah menjadi nama yg Trend di masa lalu. Disebutkan, legenda hantu Hanako bermula pada tahun 1950-an dimana saat itu tengah heboh penampakan anak kecil di toilet sekolah dengan rok merah, berambut bob pendek, dan bisa muncul di kamar mandi sekolah-sekolah SD di Jepang. Berdasarkan cerita dan desas desus, bahwa saat itu ada seorang anak kecil yang tengah bersembunyi di toilet sekolah dari kejaran ibunya yang gila, namun malang ia berhasil ditemukan dan dibunuh oleh sang ibu. Versi lainnya menyebutkan bahwa Hanako adalah anak kecil yang tewas karena serangan udara Perang Dunia II, saat ia sedang bermain petak umpet bersama temannya dan bersembunyi di toilet. dan bebera
pa cerita mengatakan bahwa dia adalah hantu dari seorang mantan murid  yang mengalami kecelakaan di sekolah. (salah satu cerita dari prefektur fukushima, mengatakan bahwa dia adlah gadis yang bunuh diri dari perpustakaan)

Setiap anak sekolah punya versi cerita Hanakonya masing-masing. Kehebohan hantu Hanako ini kembali terjadi pada tahun 1980 dimana hantu Hanako itu muncul tidak lagi di sekolah SD tetapi juga di SMP maupun SMA. Biasanya Hanako juga menampakan diri di toilet perempuan. Kalaupun dia bisa terlihat oleh anak laki-laki, kemungkinan toilet yang disemayami Hanako adalah toilet unisex.

Keberadaan Hanako sama sekali tidak membahayakan jiwa dan tidak suka meneror dengan rasa dendam. Ia hanya makhluk halus yang hanya sekedar muncul untuk menunjukan eksistensinya dan menjadi Maskot hantu masa kini yang ditakuti anak-anak. Orang yang melihatnya, paling hanya akan lari terbirit-birit dan Hanako tidak akan mengejar. Tidak ada cara khusus untuk menangkal Hanako. Bahkan ada yang menyebutkan jika hantu Hanako pada aslinya adalah sosok yang baik bahkan mau menolong siapa saja yang tengah dalam masalah dan disebut-sebut kerap membawa keberuntungan.

Variasi dari Berbagai Daerah (Taken from : id.wikipedia.org
Hanako-san telah tercatat memiliki berbagai asal-usul dan perilaku, tergantung pada daerah atau sekolah, dan merupakan legenda luas di seluruh Jepang. Penampilannya juga bisa berbeda, tapi biasanya yang seorang gadis muda dengan rambut yang muncul dan rok merah. Kelakuan dia bisa berupa Jahat atau Jinak.
Yamagata prefektur: Setelah Hanako-san telah menjawab dan masuk ke tempat anda, Anda akan menemukan seekor kadal berkepala tiga yang menirukan suara seorang gadis, dan ia akan makan Anda.
Iwate prefektur: Setelah Anda menyebut nama Hanako-san, tangan putih besar muncul dari pintu.

Kanagawa Prefektur: Setelah Anda meneleponnya, tangan bernoda darah akan muncul "Hanako" adalah nama seorang gadis umum dan khas Jepang pada 1950-an ketika legenda konon dimulai.



Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:



1 komentar:

Samsul mengatakan...

Wah...kalau gini kayaknya nanti orang jadi takut ke kamar mandi...he..he...

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda